Ekonomi & Bisnis

Laris Manis! Produk Kecantikan Puncaki Daftar Penjualan Ramadan 2024

×

Laris Manis! Produk Kecantikan Puncaki Daftar Penjualan Ramadan 2024

Sebarkan artikel ini

Kostatv.id – Industri kecantikan dan perawatan tubuh memegang tampuk kekuasaan dalam jagad Fast Moving Consumer Goods (FMCG) saat ini. Penjualan produk kecantikan bahkan telah menggusur dominasi makanan dan minuman yang sebelumnya tak tergoyahkan.

FMCG adalah lanskap yang berkaitan erat dengan kebutuhan konsumen sehari-hari, meliputi makanan ringan, minuman, dan berbagai peralatan mandi seperti sabun.

Menurut data dari Compas, konsumsi masyarakat Indonesia dalam kategori FMCG kini cenderung lebih banyak tercurah pada produk-produk kecantikan.

Data tersebut diungkap melalui rangkuman penjualan yang dilakukan oleh Compas.co.id di tiga platform e-commerce utama: Shopee, Tokopedia, & Blibli, selama periode 13 Maret hingga 9 April 2024. 

Rentang waktu ini mencakup masa Ramadhan dan menjelang perayaan Lebaran, di mana konsumsi masyarakat Indonesia umumnya mencapai puncaknya. Masih berdasarkan data Compas, penjualan produk FMCG mencapai angka Rp5,35 triliun dari 12 Maret hingga 9 April 2024. 

Baca: Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan Ala Kahiyang Ayu

Dalam kategori tersebut, penjualan produk perawatan tubuh dan kecantikan menyumbang sebesar Rp2,9 triliun atau sekitar 45,7% dari total. Sementara itu, penjualan produk makanan dan minuman mencapai Rp1,8 triliun, dan produk kesehatan hanya mencapai Rp1,01 triliun.

Produk perawatan dan kecantikan yang diminati meliputi beragam jenis, mulai dari shampoo, sabun, lipstick, parfum, hingga perawatan kuku. Ketertarikan yang besar dari masyarakat terhadap produk kecantikan dan perawatan juga tercermin dari tingginya permintaan terhadap produk kosmetik.

Data Compas yang mengkompilasi penjualan 10 Top Brand selama Ramadhan 2024, dari 13 Maret hingga 2 April 2024 di platform e-commerce Shopee dan Tokopedia, menunjukkan bahwa penjualan kosmetik mencapai angka 5.568.408 unit.

Lameila menjadi salah satu brand kosmetik dengan penjualan tertinggi, dengan total penjualan mencapai 1.056.691 unit. Disusul oleh Implora, produk dari CV Priskila Mandiri Utama asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang terjual sebanyak 853.580 unit.

Peringkat ketiga ditempati oleh Hanasui, produksi PT Eka Jaya Internasional, dan Pinkflash dari China. Menariknya, dari 10 besar tersebut, empat brand berasal dari China, antara lain Lameila, Pinkflash, O.Two.O, dan Focallure.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!