Edukasi

Kemendikbudristek Tingkatkan Literasi Lewat Buku Bermutu

×

Kemendikbudristek Tingkatkan Literasi Lewat Buku Bermutu

Sebarkan artikel ini

Kostatv.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menggalakkan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan literasi peserta didik. 

Salah satu strategi utamanya adalah melalui program Buku Bacaan Bermutu yang berupaya menyediakan materi bacaan berkualitas untuk mendukung pembelajaran. 

Selain itu, pemanfaatan teks multimodal di ruang digital juga dianggap sebagai alternatif penting untuk memperkuat literasi, terutama bagi siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk mendorong peningkatan literasi tersebut, Direktorat Pembinaan SMA baru-baru ini mengadakan acara Gelar Wicara Inspirasi: Pemanfaatan Teks Multimodal untuk Penguatan Literasi Jenjang SMA. 

Acara ini diselenggarakan di SMA Negeri 1 Saguling, Kabupaten Bandung Barat, dan juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Direktorat SMA. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai program Buku Bacaan Bermutu serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman publik dan pemangku kepentingan.

“Acara ini juga bertujuan untuk mendorong kesadaran dan partisipasi publik serta para pemangku kepentingan dalam memperkuat program Buku Bacaan Bermutu dan memastikan kelangsungannya di masa depan,” ujar Direktur SMA Kemendikbudristek, Winner Jihad Akbar, dalam sebuah keterangan tertulis sebagaimana dilansir Infopublik.

Winner menyatakan bahwa berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2023, khususnya dalam hal Kompetensi Literasi dan Numerasi, kondisi literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia memerlukan intervensi untuk peningkatan. 

“Terutama bagi 6.454 satuan pendidikan jenjang SMA dengan hampir 1,5 juta siswa di seluruh Indonesia. Acara ini juga merupakan bagian dari upaya pemulihan pembelajaran serta langkah strategis dalam penguatan literasi dan numerasi,” jelasnya.

Baca: Kemendikbudristek: Data KIP Kuliah Aman Meskipun PDNS 2 Bermasalah

Winner juga menjelaskan bahwa Teks Multimodal adalah jenis teks yang menggabungkan tulisan atau lisan dengan gambar atau animasi, yang tidak hanya berbentuk verbal, tetapi juga mencakup teks, audio, dan video. 

“Kami berharap para peserta dapat memahami strategi peningkatan literasi dan numerasi melalui pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu dan Teks Multimodal untuk jenjang SMA, dan dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran,” ujarnya.

Widyaprada Ahli Utama Kemendikbudristek, Purwadi Sutanto, menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap bacaan. Ia menegaskan bahwa peran guru sangat penting dalam membantu siswa memahami informasi atau teks, sehingga dapat menstimulasi proses kreatif mereka. 

Ia juga mengajak siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi mereka.

Sementara itu, Kepala Pusat Perbukuan, Supriyatno, menambahkan bahwa regulasi sistem perbukuan mengatur tentang perjenjangan buku yang sesuai dengan tingkat kemampuan membaca siswa. 

“Pusat Perbukuan telah menyusun panduan perjenjangan buku yang diharapkan dapat menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa,” kata Supriyatno secara daring. 

Ia juga menekankan bahwa Buku Berjenjang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca siswa, terutama yang berada pada kategori umur remaja, dan dapat diakses melalui laman buku.kemdikbud.go.id.

Dengan berbagai upaya ini, diharapkan literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia dapat semakin meningkat, sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!