Kostatv.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan volume penumpang KAI Group mencapai 218.964.010 pelanggan pada Semester I 2024. Angka ini meningkat 22% dibandingkan dengan 179.577.935 pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.
Rincian penumpang terdiri dari 22.223.702 pelanggan untuk KA Jarak Jauh, 3.511.405 untuk KA Lokal, 179.101.318 untuk KAI Commuter, 2.709.305 untuk KAI Bandara, 8.685.648 untuk LRT Jabodebek, dan 2.665.710 untuk moda transportasi Whoosh.
VP Public Relations KAI, Anne Purba, mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan mereka. “KAI Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui inovasi yang konsisten,” ujarnya, Jumat (12/7/2024).
Peningkatan volume penumpang ini didukung oleh penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru yang mulai berlaku Juni 2023. Gapeka 2023 menghadirkan KA baru seperti KA Argo Merbabu dan Argo Semeru, serta beberapa KA lokal lainnya.
Baca: KAI Luncurkan Layanan Eksklusif Kereta Suite Class Compartment
Selama Semester I 2023, masih berlaku persyaratan terkait Covid-19, termasuk kewajiban vaksin bagi penumpang KA jarak jauh. Selain itu, moda transportasi baru seperti Whoosh dan LRT Jabodebek yang diresmikan pada paruh kedua tahun lalu, kini menjadi pilihan masyarakat.
Kereta api jarak jauh dengan jumlah penumpang terbanyak adalah KA Airlangga, diikuti KA Serayu dan Sancaka. Stasiun Pasar Senen menjadi titik keberangkatan dengan penumpang terbanyak.
KAI juga melaporkan peningkatan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang, dengan tingkat ketepatan waktu mencapai 99,76% untuk keberangkatan dan 96,80% untuk kedatangan.
Anne menegaskan bahwa KAI akan terus berupaya melakukan perbaikan di seluruh aspek operasional untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. “Kami berharap kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” tutupnya.